Bahan Paparan PMK Revisi 2019 dapat di-unduh di sini




Awal | Sebelumnya | Selanjutnya | Akhir Halaman 1 dari 142 halaman

Liputan



DATE WITH DATA



Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara



"Date with Data" 17 Juli 2019-Acara yang digawangi oleh Direktorat Penyusunan APBN tersebut dihadiri oleh kurang lebih 400 orang, terdiri dari mahasiswa dan dosen STAN serta pegawai DJA.





Realisasi Semester I APBN 2019: Kinerja Positif didukung kondisi Ekonomi makro yang stabil



Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara



Perekonomian Indonesia pada Semester I Tahun 2019 terus menunjukan momentum positif terutama didukung oleh permintaan domestik yang kuat dan kondisi ekonomi makro yang stabil. Kinerja APBN dalam semester I 2019 menunjukkan peningkatan dan arah yang tepat, baik disisi pencapaian ekonomi makro maupun besaran-besaran APBN.





BIMTEK K/L PUSAT BIDANG PEREKONOMIAN DAN KEMARITIMAN



Perencanaan Anggaran



Bertempat di Ballroom Hotel Grand Mercure Kemayoran, hari Senin (15/7) telah dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penganggaran K/L Pusat yang diikuti oleh para pengelola anggaran kementerian Bidang Perekonomian dan Kemaritiman.





Seri #13: Keterbukaan Informasi Mendorong Partisipasi Publik



Perencanaan Anggaran



Keterbukaan informasi publik secara langsung maupun tdak langsung akan berpengaruh dalam efektivitas dan efisiensi pembangunan serta legitimasi pemerintah. Hal penting yang harus diperhatikan dalam pengelolaan informasi publik adalah keterbukaan informasi publik, partisipasi publik, dan akuntabilitas publik. Hal ini juga berlaku bagi pengelolaan informasi APBN.





BLC EVALUASI KINERJA ANGGARAN K/L



Sistem Penganggaran



Budget Learning Center (BLC) ini bertempat di Aula Lantai 20 Gedung Sutikno Slamet dan berlangsung selama tiga hari, pada tanggal 25 hingga 27 Juni 2019.





SISTEM MONITORING DAN EVALUASI KINERJA TERPADU KEMENTERIAN KEUANGAN



Sistem Penganggaran



Dalam melaksanakan evaluasi kinerja anggaran, salah satu tools yang digunakan adalah Aplikasi SMART.





SERI #12: BELANJA KESEHATAN
NEGARA HADIR BAGI MASA DEPAN BANGSA



Perencanaan Anggaran



Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap bayi yang lahir ke dunia merupakan kehendak Tuhan bagi kesinambungan kehidupan. Dan, bagaimana kualitas kehidupan masa depan akan berlangsung sangat bergantung kepada bayi tersebut tumbuh. Yaitu, sejak masih embrio di dalam rahim ibunya. Dengan demikian, jaminan akan asupan gizi yang cukup dan proporsional menjadi kunci kualitas manusia di masa depan.





OLIMPIADE APBN 2019, GENERASI MUDA PEDULI #UangKita



Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara



Untuk kali kedua, Direktorat Jenderal Anggaran bekerjasama PKN STAN menyelenggarakan Olimpiade APBN 2019. Olimpiade APBN merupakan suatu perlombaan APBN berskala nasional yang akan diikuti oleh pelajar setingkat SMA dari seluruh wilayah Indonesia.




Seri #11: Membangun Infrastruktur dengan Inovasi Pengolahan Limbah Plastik



Perencanaan Anggaran



Tanggal 22 April 2019 yang lalu, kita bersama dengan warga dunia memperingati Hari Bumi Internasional. Namun, beberapa waktu sebelumnya justru terdapat sebuah fenomena yang sangat ironis dan menjadi viral, yaitu ditemukannya kemasan plastik bungkus mie instan yang berumur sekitar 19 tahun dan belum terurai.





TINJAUAN VALUE FOR MONEY PADA K/L BIDANG PENDIDIKAN



Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara



Pengalokasian anggaran bidang pendidikan dalam APBN minimal sebesar 20 persen terhadap belanja negara telah berlangsung selama satu dekade (sejak tahun 2009), sebagaimana yang diamanatkan Pasal 31 ayat 4 UUD 1945 Amandemen ke-4. Namun, reviu komprehensif terkait pembangunan pendidikan masih relatif sedikit




Awal | Sebelumnya | Selanjutnya | Akhir Halaman 1 dari 142 halaman


 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN


DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN
Gedung Sutikno Slamet Jalan DR. Wahidin Nomor 1 Jakarta 10710 Kotak Pos 2435 telepon 021-3868085 Whatsapp: +628118300931 email: pusatlayanan.dja@kemenkeu.go.id
Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru




Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011