Bahan Workshop Penyesuaian Angka Dasar TA 2019 dalam rangka Penyusunan Pagu Indikatif TA 2019 dapat di-unduh di sini




Konsep Dasar Avaibility Payment dan Implikasinya terhadap Penganggaran




Jakarta - Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) kembali mengadakan sharing session yang dikemas dalam acara menarik berbentuk coffe morning talk (breakfast discussion). Pada hari Kamis tanggal (27/7), sharing session diselenggarakan dengan materi dan pembicara yang sangat menarik dan relevan dengan bidang tugas DJA, yaitu Basic concept of Availability Payment and budgeting implication (konsep dasar dan impilkasi dari penganggaran Availability Payment) yang disampaikan oleh Pembicara dari JICA KPPIP Support Facility (Koichi Yamashita, Task Manager for Debottlenecking dan Eiji Koga, Facility Director).

Materi yang dipaparkan pembicara cukup lengkap. Pembicara mengawali dengan menjelaskan gambaran singkat terkait Public Private Partnership/PPP (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha) dan konteksnya di Indonesia. Selanjutnya, diuraikan juga mengenai definisi dan tujuan penggunaan skema Avaibility Payment (AP) termasuk penerapan di Indonesia sesuai PMK Nomor 260/PMK.08/2016 tentang Tata Cara Pembayaran Ketersediaan Layanan Pada Proyek Kerja Sama Pemerintah Dengan Badan Usaha Dalam Rangka Penyediaan Infrastruktur, perbedaan antara skema konvensional PPP dengan skema AP, dan ilustrasi skema AP.

Selain itu, pembicara juga memaparkan beberapa isu terkait penganggaran berkenaan dengan penerapan skema AP. Isu penganggaran tersebut misalnya klasifikasi jenis belanja untuk pembayaran AP, penerapan batas maksimal AP di berbagai negara, penggunaan skema AP pada Satker BLU, serta contoh penerapan skema AP dalam Proyek Palapa Ring. Materi-materi tersebut diharapkan dapat menambah wawasan bagi Pegawai Direktorat Jenderal Anggaran, mengingat skema AP merupakan hal yang relatif baru di Indonesia. (win)

(Materi selengkapnya dapat di-download di sini)


27/07/2017 16:22:11




Liputan


DJA Serahkan Bingkisan Idul Fitri 1439H



Peningkatan Pengawasan PNBP



Perubahan PMK Nomor 49/PMK.02/2017 tentang SBM TA 2018



Esensi Pengaturan Dalam PMK NOMOR 190/PMK.02/2017



Peran Aktif DJA pada 2018 PEMNA Plenary Conference -Cambodia



Forum DJA Bersama Mitra Kerja Dalam Rangka Perbaikan Layanan DJA



Pencanangan Zona Integritas Menuju WBK Dan WBBM



Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas Belanja Infrastruktur



SINERGI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENGANGGARAN SATKER



Sosialisasi Jabatan Fungsional Analis Anggaran



BGTC Batam : APBN #UangKita dari kita untuk kita



Sosialisasi PMK Monev Penggunaan Dana BUN



Pembiayaan Anggaran, Bukan Sekedar Defisit dan Utang



Mahasiswa FISIP UMM Pelajari Proses Penyusunan APBN



ADBI Workshop 2018 : Designing Effective Social Health Security System






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011