Bahan Sosialisasi Pokok-Pokok Petunjuk Penyusunan dan Penelaahan RKA-K/L dan Pengesahan DIPA dapat diunduh disini




Jawaban Pemerintah Atas Pemandangan Umum DPR RI Terhadap RUU APBN 2018




Jakarta - Pemerintah yang diwakili oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan jawaban Pemerintah atas pemandangan umum Fraksi-Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat mengenai Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun 2018 dalam Rapat Paripurna DPR RI tanggal 31 Agustus 2017.

Dalam pidatonya dihadapan anggota Dewan, Menteri Keuangan menyampaikan strategi kebijakan fiskal yang akan dilaksanakan melalui tiga kebijakan utama yaitu: Pertama, mendorong peningkatan pendapatan negara melalui optimalisasi penerimaan perpajakan serta pengelolaan sumber daya alam dan aset negara yang lebih baik. Kedua, melakukan penguatan kualitas belanja negara melalui peningkatan kualitas belanja modal yang produktif, efisiensi belanja nonprioritas seperti belanja barang dan subsidi yang harus tepat sasaran, sinergi antara program perlindungan sosial, menjaga dan refocusing anggaran prioritas seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan, serta penguatan kualitas desentralisasi fiskal untuk pengurangan kesenjangan dan perbaikan pelayanan publik. Ketiga, keberlanjutan dan efisiensi pembiayaan, yang dilakukan melalui pengendalian defisit dan rasio utang, defisit keseimbangan primer yang semakin menurun, dan pengembangan creative financing, seperti melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Selain itu, Pemerintah juga menyampaikan jawaban terkait asumsi dasar ekonomi makro, target penerimaan perpajakan, alokasi dan sarana program perlindungan sosial, alokasi dan sarana pembangunan infrastruktur, Transfer ke Daerah dan Dana Desa, dan pengelolaan utang negara. Terlampir kami sampaikan Jawaban Pemerintah Atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPR-RI Terhadap RUU APBN Tahun 2018 beserta Nota Keuangannya.

Klik untuk mengunduh :
Jawaban Pemerintah Atas Pemandangan Umum DPR RI Terhadap RUU APBN 2018


31/08/2017 16:49:32




Liputan


Tiga Dirjennya Bersinergi, Sri Mulyani : "Spektakuler !"



Sekilas Tentang Analisis Kebijakan Belanja Publik/Negara



Kemenkeu Menjawab Salah Info Soal RUU PNBP



Upaya DJA Mewujudkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi



SMK Sangkuriang I Cimahi Pelajari Pengelolaan Anggaran Negara



Kerja Bersama Mewujudkan Penganggaran yang Efisien dan Efektif



STIMIK ESQ Perdalam Pemahaman Pengelolaan Keuangan Negara



Sosialisasi Implementasi Segmen Akun Baru Dalam BAS



Budget Goes To Campus PKN STAN



Dirjen Anggaran Terbitkan Peraturan Tata Cara Pembayaran/Penyetoran PNBP



Menuju Pengelolaan Anggaran yang Berkualitas dan Berkeadilan



Laporan Perkembangan Perekonomian Indonesia Bulan September 2017



Sinergi Mewujudkan Penganggaran Yang Kredibel



Sinergi Pengalokasian Anggaran Pusat (Dekon/TP) dan DAK



Kewajiban Laporan Harta Kekayaan Bagi Penyelenggara Negara






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011