Bahan Sosialisasi Pokok-Pokok Petunjuk Penyusunan dan Penelaahan RKA-K/L dan Pengesahan DIPA dapat diunduh disini




Upaya DJA Mewujudkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi




Jakarta - Pada tanggal 24 Oktober 2017, Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) menggelar Sosialisasi Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 426/KMK.01/2017 tentang Pedoman Pembangunan dan Penilaian Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di lingkungan Kementerian Keuangan bertempat di Aula Gedung Sutikno Slamet Lantai 20. Acara tersebut dihadiri oleh para pejabat eselon II, para pejabat eselon III dan perwakilan pejabat eselon IV dan perwakilan pelaksana di lingkungan DJA. Sosialisasi ini merupakan pelaksanaan salah satu program Strategi Komunikasi dan Pendidikan Budaya Anti Korupsi (STRAKOM PBAK) DJA Tahun 2017 yang bertujuan mewujudkan sikap dan perilaku anti korupsi para pegawai DJA dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme dalam rangka meningkatkan pelayanan publik.


Acara dibuka oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Anggaran, Bapak R. Erman J. Kusuma. Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Direktorat Jenderal Anggaran mengajak seluruh jajaran DJA untuk secara bersama-sama mewujudkan DJA sebagai Zona Integritas Menuju WBK dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Direktorat Penyusunan APBN telah ditugaskan menjadi perwakilan DJA dalam Penilaian Zona Integritas Menuju WBK dan telah ditetapkan sebagai unit yang berpredikat WBK di lingkungan Kementerian Keuangan Tahun 2017 sesuai KMK Nomor 647/KMK.01/2017. Dalam rangka proses Pembangunan DJA sebagai Zona Integritas menuju WBK dan WBBM, maka secara bertahap setiap tahun unit eselon II di lingkungan DJA akan berpartisipasi dalam Pembangunan dan Penilaian sebagai unit yang berpredikat Menuju WBK/WBBM.


Selanjutnya, Ibu Dini Kusumawati, Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan menyampaikan arahan Menteri Keuangan untuk akselerasi jumlah unit kerja yang memperoleh predikat WBK/WBBM. Arahan tersebut menunjukkan komitmen Kementerian Keuangan melakukan Reformasi Birokrasi dalam menata sistem penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien dan berintegritas guna meningkatkan layanan publik. Kementerian Keuangan telah melakukan transformasi dari Kementerian Keuangan tradisional menjadi Kementerian Keuangan yang modern dengan berbagai inovasi dan perbaikan pengelolaan proses bisnis, manajemen SDM guna menjalin hubungan baik dengan stakeholders. Selain itu, disampaikan paparan komprehensif KMK Nomor 426/KMK.01/2017, yang diantaranya disampaikan tentang tahapan pembangunan dan penilaian Zona Integritas menuju WBK, komponen penilaian, Tim Penilai. Acara diakhiri dengan kuis interaktif yang menarik dan sesi tanya jawab. (drh)


25/10/2017 16:52:45




Liputan


Tiga Dirjennya Bersinergi, Sri Mulyani : "Spektakuler !"



Sekilas Tentang Analisis Kebijakan Belanja Publik/Negara



Kemenkeu Menjawab Salah Info Soal RUU PNBP



SMK Sangkuriang I Cimahi Pelajari Pengelolaan Anggaran Negara



Kerja Bersama Mewujudkan Penganggaran yang Efisien dan Efektif



STIMIK ESQ Perdalam Pemahaman Pengelolaan Keuangan Negara



Sosialisasi Implementasi Segmen Akun Baru Dalam BAS



Budget Goes To Campus PKN STAN



Dirjen Anggaran Terbitkan Peraturan Tata Cara Pembayaran/Penyetoran PNBP



Menuju Pengelolaan Anggaran yang Berkualitas dan Berkeadilan



Laporan Perkembangan Perekonomian Indonesia Bulan September 2017



Sinergi Mewujudkan Penganggaran Yang Kredibel



Sinergi Pengalokasian Anggaran Pusat (Dekon/TP) dan DAK



Kewajiban Laporan Harta Kekayaan Bagi Penyelenggara Negara



Sinergi Pengawasan Penerimaan Negara






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011