Bahan Internalisasi Penelaahan Pada Level Detil dan Penyusunan PM pada Tahap Alokasi Anggaran, dapat di-unduh di sini




Tingkatkan Pemahaman Mitra Kerja melalui Bimbingan Teknis Sektoral




Jakarta – Dalam rangka meningkatkan pemahaman K/L terhadap Penelaahan Online RKA-K/L serta memperkenalkan aplikasi SATU ANGGARAN, Direktorat Anggaran bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan mengadakan Bimbingan Teknis Sektoral di Bidang Penganggaran. Bertempat di Jakarta, acara ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 2-3 Oktober 2018.

SBimbingan teknis kali ini dibagi menjadi 5 kelas. Tiga kelas pertama diadakan pada hari pertama, dan dua kelas berikutnya pada hari kedua. Diharapkan dengan adanya forum terpisah untuk tiap Direktorat, Mitra kerja DJA dapat lebih fokus dalam menyerap informasi yang diberikan. Di hari pertama, 3 Subdit yang membuka kelas bimbingan teknis adalah Subdirektorat Anggaran Bidang Pendidikan dan Kepemudaan, Subdirektorat Anggaran Bidang Kesejahteraan Sosial serta Subdirektorat Anggaran Bidang Agama, Kepresidenan, dan Lembaga Tinggi Negara.

Sedangkan untuk hari kedua, 2 Subdit yang turut memberikan bimbingan teknis adalah Subdirektorat Anggaran Bidang Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan Subdirektorat Anggaran Bidang Kesehatan. Pembicara pertama di hari pertama pada salah satu kelas yaitu kelas B (Kelas Subdirektorat Anggaran Bidang Kesejahteraan Sosial) adalah Bapak Itjok Henandarto, Kepala Seksi Anggaran Bidang Kesejahteraan Sosial I. Beliau menjelaskan mengenai penelaahan online. Adapun pokok bahasan yang disampaikan adalah mengenai Kebijakan penelaahan online, tata cara penelaahan online dan ruang lingkup penelaahan online RKA-K/L TA 2019.


Acara pada kelas lainnya memiliki materi yang relatif sama. Bimbingan teknis diakhiri dengan tanya jawab, pengenalan aplikasi SATU ANGGARAN, kemudian diakhiri dengan simulasi penggunaan aplikasi tersebut. Satu DJA merupakan sebuah aplikasi yang mengintegrasikan seluruh sistem informasi dan sistem aplikasi yang dihasilkan oleh DJA, sehingga diharapkan mitra kerja DJA hanya perlu mengakses satu sistem aplikasi untuk menyelesaikan seluruh proses bisnis penganggaran.(sppd)


05/10/2018 14:13:14




Liputan


Tingkatkan Pemahaman K/L Mengenai Proses Penganggaran, DJA Selenggarakan Bimtek



Reformasi Program Pensiun PNS



Kenali, Hindari, dan Laporkan



Dirjen Anggaran Tegaskan Peran APIP Dalam Pengawasan Pengelolaan PNBP



Evaluasi Kinerja Anggaran Untuk Memperbaiki Kinerja dan Alokasi Menuju Efisiensi



UU PNBP : Optimalisasi, Penyederhanaan, dan Tata Kelola



Sosialisasi Kebijakan Penganggaran dan Aplikasi SATUANGGARAN



UNDANG-UNDANG NOMOR 9 TAHUN 2018 TENTANG PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK



Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi



Jawaban Pemerintah Atas Pemandangan Fraksi-Fraksi Terhadap NK dan RAPBN 2019



Infografis: APBN untuk Asian Games XVIII



Aplikasi Satu DJA, Integrasi Seluruh Aplikasi DJA



Pemandangan Umum RUU APBN TA 2019 Beserta NK



Nota Keuangan dan RAPBN 2019



Sampaikan Untuk Perbaikan






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN




Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011