Bahan Paparan PMK Revisi 2019 dapat di-unduh di sini




Knowledge Transfer APBN dengan Guru Ekonomi SMA/MA se kota Palembang







Palembang - DJA Menyapa Plus yang diadakan di Palembang tanggal 14 Desember 2018 tergolong istimewa. Jika selama ini DJA Menyapa identik dengan edukasi terhadap siswa, kali ini DJA Menyapa justru hadir untuk para guru SMA. Antusiasme para guru sangat terlihat baik dari sisi kehadiran sekitar 150 orang dari perwakilan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) ekonomi tingkat SMA dan sederajat seluruh Palembang maupun dari sisi agresifitas dalam menanggapi materi yang disampaikan pada acara tersebut.

Acara dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN Sumsel, Jambi dan Babel, Thaufik. Beliau menyampaikan bahwa sosialisasi dalam bentuk DJA Menyapa ini sangat penting untuk membuat masyarakat sadar akan APBN. Momen ini juga dirasa tepat karena dapat menjadi wahana untuk menyampaikan kebijakan-kebijakan yang baru disahkan pada APBN 2019. Harapannya, setelah mengikuti acara tersebut para guru dapat menularkan ilmu yang diperoleh kepada para siswa dan pihak sekolah. Sehingga makin banyak pihak yang melek APBN akan mendukung tingkat transparansi dan akuntabilitas anggaran.

Adapun materi yang disampaikan pada acara ini terbagi atas dua bagian, yaitu: pengenalan APBN dan APBN Kita 2019. Pada pengenalan APBN, Handojo Wibowo, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Dit. Penyusunan APBN, mengenalkan seluk beluk dasar-dasar APBN. Peserta dibekali dengan dasar hukum, pembagian kekuasaan, fungsi, siklus dan hal-hal yang dimandatkan dalam APBN. Sedangkan Adinugroho Dwiutomo, Kepala Subdirektorat Penyusunan Anggaran Belanja Negara II Dit. Penyusunan APBN, menerangkan tentang kebijakan strategis anggaran di bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan perlindungan sosial untuk mengatasi tantangan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa dibutuhkan sinergi pengelolaan APBN di internal pemerintah, DPR maupun dukungan swasta agar APBN dapat menyokong pembangunan nasional.

Menanggapi materi yang disampaikan, para guru cukup kritis dalam mendiskusikan arah kebijakan APBN 2019 terutama anggaran pendidikan. Kesejahteraan guru dan BOS menjadi topik yang hangat didiskusikan. Selain itu, guru-guru juga kritis terhadap postur APBN terutama tentang pajak, infrastruktur, defisit anggaran, dan utang negara.



Melihat antusiasme dari acara DJA Menyapa plus ini, pelaksanaan acara di masa datang dinilai layak untuk dilanjutkan. Dengan sosialisasi yang berkala diharapkan masyarakat makin partisipatif dalam pengelolaan APBN. Sehingga APBN dapat menjalankan perannya sebagai instrumen yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan kemerdekaan.



20/12/2018 16:08:35




Liputan


IMPLEMENTASI COWORKING SPACE DI MERCEDES-BENZ DISTRIBUTION INDONESIA



SERI #3: BELANJA KETAHANAN PANGAN PROGRAM BANTUAN PREMI ASURANSI NELAYAN (BPAN)



SERI #2: BELANJA KETAHANAN PANGAN
MENUJU LUMBUNG PANGAN DUNIA 2045



THE 2ND KIPF-OECD-ADB ROUNDTABLE OF THE NETWORK ON FISCAL RELATIONS IN ASIA



SOSIALISASI TATA CARA REVISI ANGGARAN TA 2019



HIBAH BARANG MILIK NEGARA KEPADA YAYASAN DARUL QUR'AN WAL IRSYAD



SOSIALISASI REVIEW ANGKA DASAR PAGU INDIKATIF TA 2020



OPEN DATA DAY 2019 : DATA QUEST UNTUK APBN YANG LEBIH BAIK



BUDGET GOES TO CAMPUS DI TANAH BORNEO



Menanamkan Rasa Ikut Memiliki APBN kepada Generasi Penerus



Peer-to-Peer Learning Seminar on Infrastructure Development, Financing and Governance in Asia



Pembanguanan Zona Integritas di Direktorat Anggaran Bidang Ekontim



KUNJUNGAN MAHASISWA UMM - PERAN PEMERINTAH HADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0



OPTIMALISASI PELAKSANAAN EVALUASI KINERJA ANGGARAN K/L



PENERIMAAN NEGARA TEMBUS 102%






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN


DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN
Gedung Sutikno Slamet Jalan DR. Wahidin Nomor 1 Jakarta 10710 Kotak Pos 2435 telepon 021-3868085 email: pusatlayanan.dja@kemenkeu.go.id
Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru




Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011