Bahan Paparan PMK Revisi 2019 dapat di-unduh di sini




OPTIMALISASI PENGANGGARAN SATKER DAERAH







PONTIANAK – “Bimtek tahun 2019 ini dilaksanakan dalam rangka mengetahui implementasi kebijakan-kebijakan teknis yang telah dirumuskan bisa dipahami dan dimengerti dengan baik oleh satker daerah sehingga kebijakan tersebut bisa diterapkan hingga di tingkat daerah dengan baik”, ungkap Made Arya Wijaya, Direktur Anggaran Bidang Perekonomian dan Kemaritiman (Ekontim) Ditjen Anggaran, dalam sambutan pembukaan acara Bimbingan Teknis Penganggaran kepada Satuan Kerja Daerah pada hari Rabu (10/3).

Kegiatan yang berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPBn) Provinsi Kalimantan Barat ini juga menjadi momen penting untuk menjaring masukan dan pandangan-pandangan dari para pengelolaan keuangan di satker daerah. Masukan tersebut menjadi feed back bagi penyempurnaan kebijakan yang akan disusun pada tahun berikutnya. Made juga menyatakan, “Kegiatan ini juga menjadi wadah diskusi atas hal-hal yang selama ini menjadi kendala bagi satker daerah dalam pelaksanaan penganggaran”.

Acara yang diselenggarakan selama 1 (satu) hari di Kota Khatulistiwa tersebut dihadiri 100 satuan kerja daerah mitra kerja Direktorat Jenderal Anggaran yang berada di wilayah kerja Provinsi Pontianak. Mengambil tema “Mengoptimalkan belanja negara yang efisien, efektif, dan ekonomis untuk pembangunan yang berkualitas” tersebut acara dibagi dalam 2 (dua) sesi.

Sesi pertama, dilakukan beberapa pemaparan kebijakan-kebijakan terbaru di bidang penganggaran yang diterbitkan DJA dan DJPBn. Disamping itu, dipaparkan pula hal-hal penting yang menjadi harapan pemerintah pusat dalam mengawal kualitas belanja yang lebih baik oleh beberapa narasumber. Sesi kedua, diskusi interaktif dibagi ke dalam 5 (lima) kelompok kecil dengan narasumber dari Ditjen Anggaran.

Pada kesempatan sesi petama paparan, sesi ini dimoderatori oleh Eko Roestanto, Kepala Subdirektorat Bidang Anggaran Energi, Perindustrian dan Perdagangan yang menghadirkan 2 (dua) pembicara/ narasumber. Narasumber pertama, Made Arya Wijaya, memaparkan materi “Peran APBN dalam Pembangunan: Evaluasi Penganggaran 2019-2019 dan Pokok-pokok Kebijakan Penganggaran TA 2020”. Direktur Anggaran Bidang Perekonomian dan Kemaritiman tersebut menyatakan bahwa dalam kurun waktu 10 tahun terakhir persentase realisasi anggaran satker-satker di Kalimantan Barat lebih baik dibandingkan nasional

Selanjutnya, narasumber kedua, Edward UP Nainggolan, memaparkan materi “Peningkatan Kinerja Pelaksanaan Anggaran melalui Optimalisasi IKPA”. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat tersebut mengungkapkan bahwa Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) telah ditetapkan dalam PMK Nomor 195/PMK.05/2018 tentang Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Belanja K/L. IKPA merupakan indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku BUN untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan belanja Kementerian Negara/Lembaga dari sisi kesesuaian terhadap perencanaan, efektivitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran, dan kepatuhan terhadap regulasi.



Selanjutnya, pada sesi kedua paparan, sesi ini dimoderatori oleh Sunawan Agung Saksono, Kepala Subdirektorat Data dan Dukungan Teknis Anggaran Bidang Perekonomian dan Kemaritiman, yang menghadirkan 2 (dua) pembicara/narasumber. Narasumber pertama, Gunawan Margianto, menyampaikan hal-hal baru yang diatur dalam Undang-undang Nomor 9 Tahun 2018 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak. Kepala Subdirektorat Penerimaan Kementerian/Lembaga I tersebut juga menyampaikan tugas dan kewenangan instansi pengelola PNBP sesuai undang-undang dimaksud.

Dilanjutkan narasumber kedua, Krisman Natalius Gea, menyampaikan sosialisasi Sistem Aplikasi Satu Anggaran. Aplikasi Satu Anggaran ini memiliki beberapa modul antara lain referensi, download ADK, penelahaan online, revisi online, revisi informasi kinerja, KPJM, standar biaya masukan, SMART, dan interchange data. Secara khusus, pada kesempatan tersebut programmer pada Direktorat Sistem Penganggaran dimaksud mengupas modul revisi online yang telah diimplementasikan dan harus digunakan seluruh satker K/L pada saat pengajuan usulan revisi anggaran. Para peserta bimtek langsung dipraktekkan tata cara mengoperasikan modul revisi online buah kolaborasi dari DJA, DJPBn, dan Kanwil DJPBn. Canggihnya, modul dalam Aplikasi Satu Anggaran tersebut selain dioperasikan melalui PC juga bisa diakses melalui HP android.

Selepas sesi paparan pasca ishoma, peserta digiring kembali masuk ke dalam 5 (lima) ruangan di Hotel Aston Pontianak. Mereka mengikuti dialog teknis interaktif yang dipandu oleh pejabat dari Ditjen Anggaran. Waktu yang singkat tersebut ternyata kondusif untuk mengkomunikasikan keluhan-keluhan dari satker daerah dan langsung mendapatkan tanggapan semestinya dari pejabat yang berkompeten. Walaupun demikian, sesi ini masih menyisakan beberapa pertanyaan yang belum tuntas dijawab oleh narasumber. Namun, beberapa masukan peserta dialog tersebut memberikan umpan balik yang berharga bagi Ditjen Anggaran untuk senantiasa memperbaiki perumusan kebijakan penganggaran yang lebih baik di negara tercinta ini. (sms)

Klik untuk mengunduh materi bimtek :

  1. Peran APBN dalam Pembangunan
  2. Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2018 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak
  3. Aplikasi Satu Anggaran
  4. Peningkatan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Melalui Optimalisasi IKPA




23/04/2019 11:49:58




Liputan


PEMANDANGAN UMUM RUU APBN TA 2020 BESERTA NOTA KEUANGAN



SINERGI TINGKATKAN KUALITAS LAYANAN



PENYAMPAIAN NOTA KEUANGAN DAN RUU APBN 2020



WORKSHOP PEMBANGUNAN ZI MENUJU WBK/WBBM TAHUN 2019



DJA MENYAPA SMA N 17 MAKASSAR



PENGUMUMAN PESERTA TES ONLINE TAHAP 2 OLIMPIADE APBN 2019



DIT. EKONTIM RAIH PREDIKAT MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI



DATE WITH DATA: All You Need is Data



Realisasi Semester I APBN 2019: Kinerja Positif didukung kondisi Ekonomi makro yang stabil



SERI #14: BELANJA INFRASTRUKTUR
TEKNOLOGI JEMBATAN GANTUNG JUDESA



DATE WITH DATA



Realisasi Semester I APBN 2019: Kinerja Positif didukung kondisi Ekonomi makro yang stabil



BIMTEK K/L PUSAT BIDANG PEREKONOMIAN DAN KEMARITIMAN



Seri #13: Keterbukaan Informasi Mendorong Partisipasi Publik



BLC EVALUASI KINERJA ANGGARAN K/L






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN


DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN
Gedung Sutikno Slamet Jalan DR. Wahidin Nomor 1 Jakarta 10710 Kotak Pos 2435 telepon 021-3868085 Whatsapp: +628118300931 email: pusatlayanan.dja@kemenkeu.go.id
Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru




Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011