UU No. 20 Tahun 2019 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2020 dapat di-unduh di sini




Focus Group Discussion : Pasar Uang dan Pasar Modal






Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) pada hari Kamis (17/10) menyelenggarakan acara Focus Grup Discussion (FGD) dengan tema diskusi "Pasar Uang dan Pasar Modal : Outlook 2019 dan Proyeksi 2020". Diskusi yang diselenggarakan di Hotel Redtop Jakarta ini dibuka oleh Lisbon Sirait, Direktur Sistem Penganggaran DJA. Dimoderatori oleh Ahmad Irsan A. Moeis, diskusi ini menghadirkan Narasumber utama Dr. Ir. Anton Hendranata, Senior Economist BRI dan para Panelis yakni : Edwin Ridwan, CFA, FRM , Kadiv Investasi PT Taspen ; Henki , Kadiv Investasi PT Asabri dan Langgeng Suwito, Kasubdit Evaluasi Kinerja Penganggaran.

Diskusi ini diadakan untuk mendukung peningkatan kinerja dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi terhadap pengelolaan dana Akumulasi Iuran Pensiun PNS dan Pejabat Negara yang dilaksanakan oleh PT Taspen (Persero) dan pengelolaan dana Akumulasi Iuran Pensiun Prajurit TNI, Anggota Polri, dan ASN pada Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Polri yang dilaksanakan oleh PT Asabri (Persero).



PT Taspen dan PT Asabri dalam pengelolaan Akumulasi Iuran Pensiun dapat menempatkan aset investasinya pada pasar uang dan pasar modal. Penempatan aset tersebut dituangkan dalam Rencana Investasi Tahunan (RIT). Maka, dalam rangka memahami dinamika pasar uang dan modal baik kondisi terkini dan proyeksi di masa depan. DJA melaksanakan acara diskusi dalam sebuah forum sehingga memberi pengetahuan dan pemahaman yang sama terkait potensi dan risiko dari setiap instrumen investasi yang ada di pasar uang dan pasar modal.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan penyusunan dan penetapan Rencana Investasi Tahunan PT Taspen (Persero) dan PT Asabri (Persero) dapat mendekati kondisi riil pasar uang dan pasar modal dikemudian hari. Sehingga penggembangan akumulasi iuran pensiun baik yang dilakukan oleh PT Taspen (Persero) maupun PT Asabri (Persero) dapat dilakukan dengan optimal dengan mempertimbangkan aspek likuiditas, solvabilitas, kehati-hatian, keamanan dana dan hasil yang memadai.

Selain itu, Pelaksanaan forum diskusi ini juga diharapkan memberikan jawaban terhadap kebutuhan informasi terkini terkait pasar uang dan modal. Terpenuhinya kebutuhan informasi akan meningkatkan kapasitas unit yang terkait dengan pengelolaan investasi dalam memahami dinamika pasar uang dan pasar modal di Indonesia sehingga dapat mendukung pelaksanaan tugas sesuai tugas dan fungsi unit masing-masing. (am)


18/10/2019 17:18:05




Liputan


PENYERAHAN DIPA TA 2020



IBF : MERANCANG KEBIJAKAN PENERIMAAN NEGARA SEKTOR PELABUHAN



Budget Goes To Campus : Medan



PENGUMUMAN PESERTA LOLOS SELEKSI JFAA KL



FINAL OLIMPIADE APBN



BIMTEK BA BUN 2019 - EVALUASI KINERJA ANGGARAN KL



MONEV ON-SITE TAHUN 2019



BIMBINGAN TEKNIS PMK 2019 - LOMBOK



BIMBINGAN TEKNIS BA BUN 2019



PENGUMUMAN PESERTA YANG BERHAK MENGIKUTI TAHAP FINAL REGIONAL



JAWABAN PEMERINTAH ATAS PEMANDANGAN UMUM RAPBN 2020



PEMANDANGAN UMUM RUU APBN TA 2020 BESERTA NOTA KEUANGAN



SINERGI TINGKATKAN KUALITAS LAYANAN



PENYAMPAIAN NOTA KEUANGAN DAN RUU APBN 2020



WORKSHOP PEMBANGUNAN ZI MENUJU WBK/WBBM TAHUN 2019






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN


DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN
Gedung Sutikno Slamet Jalan DR. Wahidin Nomor 1 Jakarta 10710 Kotak Pos 2435 telepon 021-3868085 Whatsapp: +628118300931 email: pusatlayanan.dja@kemenkeu.go.id
Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru




Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011