Pengumuman : Implementasi Aplikasi SAKTI Web dalam proses Revisi DIPA TA 2020 dapat di-unduh di sini




REDESAIN PENGANGGARAN, LANGKAH AWAL PERBAIKAN PERENCANAAN ANGGARAN






Jakarta - Selasa, 11 Februari 2019 telah diadakan Sosialisasi Redesain Sistem Penganggaran oleh Direktorat Jenderal Anggaran di Aula Dhanapala, Kementerian Keuangan. Acara yang dimoderatori oleh Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara, Kunta WD Nugraha, menghadirkan 3 narasumber utama yaitu, Askolani, Direktur Jenderal Anggaran, Sumiyati, Inspektur Jenderal, Kementerian Keuangan, dan Leonard VH Tampubolon, Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Kementerian PPN/ Bappenas.

Acara ini diadakan untuk menyiapkan seluruh Kementerian dan Lembaga dalam menghadapi redesain sistem penganggaran. Sehingga, perbaikan perencanaan anggaran yang menjadi tujuan redesain sistem penganggaran dapat tercapai.

Direktur Jenderal Anggaran, Askolani membuka sesi pertama dengan pemaparan terkait Redesain Sistem Penganggaran meliputi latar belakang, manfaat, acuan, dan prinsip redesain sistem penganggaran serta penyederhanaan struktur anggaran dan dukungan IT dalam redesign sistem penganggaran. Dirjen Anggaran mengatakan bahwa redesain sistem penganggaran akan membuat perencanaan anggaran kita akan lebih baik lagi sehingga intensitas revisi anggaran di awal tahun akan berkurang.

Selain itu, beliau juga mengharapkan dengan adanya redesain sistem penganggaran ini, anggaran kita akan lebih fleksibel dan data jumlah anggaran yang dialokasikan untuk suatu program akan lebih mudah untuk dilihat.

Kemudian, Leonard VH Tampubolon melanjutkan acara dengan paparan mengenai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 yang meliputi dasa hukum dan kebijakan RPJMN, Sasaran Pembangunan, 7 agenda pembangunan, serta implementasi RPJMN.

Pada RPJMN tahun 2020-2024 pembangunan wilayah di seluruh Indonesia akan terus dilanjutkan, bahkan pada setiap pulau akan ada target rata-rata pertumbuhan ekonomi, tingkat kemiskinan, dan tingkat pengangguran terbuka yang akan memacu pengembangan daerah tersebut.

Sesi selanjutnya, Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan, Sumiyati menjelaskan tentang peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam Redesain Sistem Penganggaran. Kemudian, acara diakhiri dengan diskusi dan pertanyaan yang diajukan oleh para peserta sosialisasi yang dipimpin oleh moderator.


20/02/2020 14:01:40




Liputan


PENGUATAN PERLINDUNGAN SOSIAL DAN STIMULUS EKONOMI HADAPI COVID-19.



PERPPU KEBIJAKAN KEUANGAN NEGARA DAN STABILITAS SISTEM KEUANGAN



TANGGAP COVID-19 UNTUK PEGAWAI DAN STAKEHOLDER DITJEN ANGGARAN



FGD UJI PUBLIK RPP PNBP



SINERGI LEBIH BAIK, TINGKATKAN KUALITAS PERENCANAAN PENGANGGARAN



PENINGKATAN PEMAHAMAN PENGANGGARAN MELALUI SOSIALISASI KEBIJAKAN TERKINI



SOSIALISASI GRATIFIKASI DAN APLIKASI WISE



MUTASI DAN PROMOSI PEGAWAI DALAM RANGKA PENYEGARAN DAN PENGOTIMALAN SDM DJA



FGD UJI PUBLIK RPP TENTANG PENGELOLAAN PNBP DAN RPP TENTANG PENETAPAN TARIF PNBP



KUNJUNGAN MAHASISWA UNPAS: KEBIJAKAN APBN 2020



LANGKAH PEMERINTAH HADAPI PERLAMBATAN EKONOMI GLOBAL



PENANDATANGANAN KK, PIAGAM RISIKO, DAN KOMITMEN PENGENDALIAN GRATIFIKASI TA 2020



PEREKONOMIAN INDONESIA YANG POSITIF DI TENGAH PERLAMBATAN EKONOMI GLOBAL



DIT. ABID EKONTIM RAIH PREDIKAT WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK)



MENGENAL ANALIS ANGGARAN






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN


DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN
Gedung Sutikno Slamet Jalan DR. Wahidin Nomor 1 Jakarta 10710 Kotak Pos 2435 telepon 021-3868085 Whatsapp: +628118300931 email: pusatlayanan.dja@kemenkeu.go.id
Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru




Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011