Pengumuman : Implementasi Aplikasi SAKTI Web dalam proses Revisi DIPA TA 2020 dapat di-unduh di sini




SOSIALISASI GRATIFIKASI DAN APLIKASI WISE






Dalam rangka penyegaran kembali atas pemahaman pegawai Sekretariat Ditjen Anggaran mengenai gratifikasi dan aplikasi Whistleblowing System (Wise) Kementerian Keuangan, Bagian Kepatuhan Internal, Manajemen Risiko dan Advokasi (KIMRA) Sekretariat bekerja sama dengan Inspektorat Bidang Investigasi (IBI) Inspektorat Jenderal Kemenkeu mengadakan sosialisasi. Kegiatan yang bertajuk “Sosialisasi Gratifikasi dan Aplikasi WISE” ini berlangsung pada tanggal 19 Februari 2020 di Aula Gedung Soetikno Slamet Lantai 20. Sosialisasi yang diikuti kurang lebih 50 peserta ini terdiri dari para pejabat dan pelaksana di lingkup Sekretariat DJA.

Sambutan dan pembukaan acara diberikan oleh Mariatul Aini, Sekretaris Ditjen Anggaran. Sesi pertama merupakan penyampaian materi mengenai aplikasi WISE oleh Yudhistira dari IBI Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan. Whistleblowing System adalah aplikasi yang disediakan oleh Kementerian Keuangan bagi seseorang yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Pengaduan melalui WISE akan mudah ditindaklanjuti apabila memenuhi lima (5) unsur yaitu What: Perbuatan berindikasi pelanggaran yang diketahui, Where: Dimana perbuatan tersebut dilakukan, When: Kapan perbuatan tersebut dilakukan, Who: Siapa saja yang terlibat dalam perbuatan tersebut, dan How: Bagaimana perbuatan tersebut dilakukan (modus, cara, dsb.). Kementerian Keuangan akan merahasiakan identitas pribadi whistleblower karena Kementerian Keuangan hanya fokus pada informasi yang dilaporkan.

Selanjutnya, sesi kedua disampaikan oleh Ahmad Ashari, Pelaksana di Bagian KIMRA Sekretariat DJA mengenai gratifikasi. Selain penjabaran mengenai definisi dan jenis gratifikasi, dipaparkan pula tata cara pelaporan gratifikasi. Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan semua pihak berani bertindak dalam pencegahan korupsi dan gratifikasi di lingkungan Kementerian Keuangan.

Untuk pelaporan pelanggaran melalui Whistleblowing System (WISE) dapat melalui www.wise.kemenkeu.go.id. Sedangkan, pelaporan gratifikasi online dapat melalui website www.golkpk.go.id atau unduh aplikasi GOL di playstore. (sppd)


24/02/2020 15:48:54




Liputan


PENGUATAN PERLINDUNGAN SOSIAL DAN STIMULUS EKONOMI HADAPI COVID-19.



PERPPU KEBIJAKAN KEUANGAN NEGARA DAN STABILITAS SISTEM KEUANGAN



TANGGAP COVID-19 UNTUK PEGAWAI DAN STAKEHOLDER DITJEN ANGGARAN



FGD UJI PUBLIK RPP PNBP



SINERGI LEBIH BAIK, TINGKATKAN KUALITAS PERENCANAAN PENGANGGARAN



PENINGKATAN PEMAHAMAN PENGANGGARAN MELALUI SOSIALISASI KEBIJAKAN TERKINI



MUTASI DAN PROMOSI PEGAWAI DALAM RANGKA PENYEGARAN DAN PENGOTIMALAN SDM DJA



FGD UJI PUBLIK RPP TENTANG PENGELOLAAN PNBP DAN RPP TENTANG PENETAPAN TARIF PNBP



KUNJUNGAN MAHASISWA UNPAS: KEBIJAKAN APBN 2020



REDESAIN PENGANGGARAN, LANGKAH AWAL PERBAIKAN PERENCANAAN ANGGARAN



LANGKAH PEMERINTAH HADAPI PERLAMBATAN EKONOMI GLOBAL



PENANDATANGANAN KK, PIAGAM RISIKO, DAN KOMITMEN PENGENDALIAN GRATIFIKASI TA 2020



PEREKONOMIAN INDONESIA YANG POSITIF DI TENGAH PERLAMBATAN EKONOMI GLOBAL



DIT. ABID EKONTIM RAIH PREDIKAT WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI (WBK)



MENGENAL ANALIS ANGGARAN






 



ESELON I KEMENTERIAN KEUANGAN


DIREKTORAT JENDERAL ANGGARAN
Gedung Sutikno Slamet Jalan DR. Wahidin Nomor 1 Jakarta 10710 Kotak Pos 2435 telepon 021-3868085 Whatsapp: +628118300931 email: pusatlayanan.dja@kemenkeu.go.id
Copyright 2011 Kementerian Keuangan RI - DJA - Pusintek - 2011 | Disarankan untuk menggunakan browser yang populer dan versi terbaru




Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan RI ini ditulis oleh R. Koswara Adisaputra, Alfa Andrew Jason Bulo untuk Kementerian Keuangan RI pada Agustus 2011